Sunday , January 21 2018
Home / Tutorial / Pengertian dan Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan WAN (Wide Area Network)

Jaringan WAN atau Wide Area Network yaitu sebuah jaringan komputer yang cakupan areanya sangat besar dan luas sehingga sanggup meliputi wilayah antar negara, benua, atau di seluruh dunia. Jaringan WAN biasanya lebih mengarah pada jaringan internet, alasannya yaitu internet sendiri merupakan pola jaringan WAN yang paling sering dipakai pada ketika ini.

Jika Wide Area Network sudah meliputi area intercontinental maka disebut jaringan info global atau internet.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi MAN (Metropolitas Area Network) dalam Jaringan Komputer

Fungsi Jaringan WAN (Wide Area Network) pada Jarngan Komputer

Jaringan WAN berfungsi untuk menghubungkan komputer, router, modem, jaringan LAN, jaringan MAN, dan jaringan lain diseluruh dunia. kita sanggup melaksanakan komunikasi jarak jauh dengan saudara yang ada diluar negeri sehingga sangat memudahkan kita dalam melaksanakan komunikasi dengan kerabat, sobat ataupun saudara.

Baca Juga: Pengertian dan Fungsi PAN (Personal Area Network) dalam Jaringan Komputer

Disamping itu pengiriman paket secara datagram, dalam jaringan IP juga dikenal pengiriman paket secara connection oriented dimana sebelum paket dikirim, dilakukan setup koneksi kebijaksanaan dari daerah asal ke tujuan oleh proses packet control dengan request logical connection biar paket suatu info menempuh rute yang sama. Mode koneksi ini disebut virtual circuit, tetapi tidak menyerupai pada jaringan circuit switched yang menduduki susukan (bandwidth/resources) secara monopoli, dalam virtual circuit penggunaan resources masih dalam pola sharing. Dengan cara demikian urutan paket sanggup dijamin, tetapi tingkat kontinuitas real time tidak dijamin, sangat bergantung pada kapasitas dan tingkat kepadatan trafik dalam jaringan. Dengan mode virtual circuit ini memungkinkan suatu kelompok organisasi/perusahaan mempunyai jaringan privat (semacam jaringan PBX) secara virtual (disebut IP VPN / Virtual Private Network),atau semacam jaringan PBX (Private Branch Exchange) tetapi lingkup area tidak terbatas menyerupai PABX alasannya yaitu jaringan yang dibangun dalam IP VPN bukan secara fisik melainkan secara kebijaksanaan dan pembentukan jaringan hanya ketika diharapkan saja sehingga lingkup jaringan eksklusif IP VPN sanggup meliputi area nasional bahkan internasional.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Tujuan Jaringan LAN (Local Area Network)

Jaringan berbasis packet switched lain yang banyak dikembangkan di AS yaitu jaringan ATM (Asynchronus Transfer Mode). Perbedaannya dengan jaringan IP, bahwa pada jaringan ATM mode koneksi secara keseluruhan memakai virtual circuit, sedangkan pada jaringan IP, virtual circuit hanya bersifat option. Perbedaan lain, paket pada jaringan ATM disebut cell selalu tetap yakni 53 oktet (Byte) yang terdiri dari 48 oktet payload, 5 oktet header. Sedangkan dalam jaringan IP, ukuran paket tidak tetap.Satu hal lagi, bahwa jaringan ATM dirancang berbasis layanan broadband dan sanggup mengakomodasi layanan VBR (Variable Bit Rate) selain CBR (Constant Bit Rate).Sedangkan rancangan awal jaringan IP berbasis Narrow Band dan layanan CBR. (Sumber: Ebook Jaringan Komputer)

Check Also

Cara Membuat Jaringan Komputer

Cara Membuat Jaringan Komputer

Cara Membuat Jaringan Komputer Pengertian Jaringan Komputer Jaringan Komputer ialah korelasi antara 2 komputer atau …