Sunday , January 21 2018
Home / Teknologi / Mengenal Android Device Manager Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya

Mengenal Android Device Manager Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya

Android Device Manager
Android Device Manager

Mengenal Android Device Manager Dengan Fungsi dan Cara Menggunakannya

Kehilangan smartphone adalah salah satu hal yang paling menyebalkan yang pernah saya alami dan mungkin juga bagi kamu. Selain merugi secara materi, kita bisa saja kehilangan data berharga yang ada di dalam smartphone. Dokumen-dokumen penting, informasi pribadi, akun media sosial, atau foto-foto reuni dari beberapa tahun lalu akan hilang begitu saja, kecuali jika kamu menggunakan layanan cloud untuk membuat backup dari data yang kamu miliki.

Untuk membantu kamu melacak hp yang hilang, Apple meluncurkan layanan Find my iPhone. Bagi para pengguna Android, kamu memiliki aplikasi yang bernama Android Device Manager untuk melacak atau mencari android yang hilang. Mirip sekali dengan fitur Find my iPhone yang ada di iOS. Aplikasi ini bisa juga di manfaatkan untuk menemukan lokasi smartphone anda, bahkan ketika smartphone anda hilang.

Apa itu Android Device Manager?

Android Device Manager (ADM) adalah sebuah fitur yang dibuat oleh Google untuk membantu pengguna Android melacak keberadaan smartphone mereka. Fitur ADM ini sudah tersedia hampir di semua perangkat Android versi 2.2 ke atas (yang sudah terinstall Google App).

Walaupun terlihat seperti sebuah aplikasi yang sangat berguna, ADM tidak dapat digunakan untuk hal-hal sebagai berikut:

  • Melacak smartphone dalam kondisi tidak aktif,
  • Mengendalikan atau bahkan merusak smartphone dari jarak jauh,
  • Mengambil data dari smartphone yang hilang,
  • Mengetahui lokasi smartphone ketika telah direset.

Apa saja yang dapat dilakukan oleh aplikasi pelacak Android ini?

Melacak posisi smartphone kamu

ADM mampu melacak keberadaan smartphone yang hilang dengan memanfaatkan kemampuan geolocation yang ada pada perangkat Android. Walaupun pelacakan ini terkadang kurang akurat, setidaknya pengguna akan mendapatkan gambaran lokasi terakhir di mana ponsel mereka berada.

Membunyikan hp kamu walaupun dalam mode silent

Selain fitur tersebut, aplikasi ini juga dapat di manfaatkan untuk menemukan lokasi smartphone di tempat yang tersembunyi. Apabila kamu seperti saya, yang terkadang lalai meletakkan smartphone di tempat yang tidak semestinya (di dalam kulkas misalnya, true story), kamu dapat menggunakan aplikasi ini untuk membunyikan nada dering pada smartphone walau hp dalam keadaan silent/sunyi sekalipun. Nada dering yang kencang selamat 5 menit tentunya akan mempermudah proses pencarian ponsel.

Mengunci smartphone sehingga tidak bisa diakses orang lain

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengunci smartphone pengguna. Apabila ponsel yang hilang tidak menggunakan kunci layar (lock screen), fitur ini adalah hal pertama yang harus diaktifkan sebelum data pengguna dapat diakses oleh orang lain.

Menghapus isi smartphone

Apabila kamu telah melakukan seluruh langkah di atas namun masih belum membuahkan hasil, sepertinya kamu memang harus mengikhlaskan hilangnya smartphone kamu. Tetapi sebelum anda benar-benar merelakannya hilang, anda bisa menghapus semua data yang ada di smartphone anda yang hilang tersebut. Tujuannya adalah agar data yang ada tidak di akses orang lain. Apalagi sampai di salah gunakan.

Bagaimana cara kerjanya?

Android Device Manager bekerja melalui koneksi TCP rendah latency antara perangkat Android dengan server Google. Melalui koneksi ini, ADM dapat mengirimkan sebuah instruksi kepada smartphone yang akan dibalas dengan informasi tertentu untuk digunakan dalam menentukan lokasi serta melakukan operasi lainnya.

Syarat untuk dapat menggunakan?

Sebelum kamu menggunakan Android Device Manager apk ataupun Android Device Manager Online untuk melacak lokasi smartphone, ada empat hal penting yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Kamu harus mengingat detail akun Google pada ponsel yang ingin dilacak serta kata sandinya. Informasi akun ini akan digunakan untuk melakukan login pada aplikasi/situs Android Device Manager.
  2. Perangkat mobile kamu harus terhubung dengan internet — baik menggunakan paket data maupun dengan Wifi.
  3. Anda harus mengaktifkan ADM/Pengelola Perangkat Android di dalam Settings (Setelan) -> Security (Keamanan) -> Device administrator (Administrator perangkat).
  4. Apabila kamu belum pernah menggunakan android device manager ini sebelumnya, kamu harus mengizinkan perangkat Android kamu agar dapat diakses dari jarak jauh. Berikut adalah caranya:
    • Masuk ke Settings (Setelan) -> Google kemudian tap Security (Keamanan). Nyalakan kedua cek lis pada pilihan Remotely locate this device (Cari lokasi perangkat ini dari jarak jauh) dan Allow remote lock and erase (Izinkan mengunci dan menghapus dari jarak jauh).
    • Mengaktifkan layanan Location (Lokasi) pada smartphone. Masuk ke Masuk ke Settings (Setelan) -> Google kemudian klik Location (Lokasi). Pastikan kembali bahwa check list Location (Lokasi) yang ada telah dalam posisi menyala.

Setelah yakin keempat hal ini telah kamu lakukan, kamu siap untuk menggunakan ADM.

Cara menggunakan Android Device Manager

Kamu dapat menggunakannya dengan dua cara: dengan mengunduh aplikasi ini pada perangkat Android lain, atau melalui situsnya. Silahkan login terlebih dahulu menggunakan akun Google yang ada di smartphone tujuan.

Setelah berhasil login, ADM akan langsung melakukan deteksi lokasi smartphone tujuan pada peta yang ada di layar. Bila ponsel target belum terdeteksi, kamu dapat menekan tombol yang ada di sebelah kanan ikon pensil untuk melakukan deteksi lokasi secara manual.

Pada tahap ini, anda bisa menemukan berbagai informasi tentang perangkat Android yang sedang kamu lacak beserta operasi yang dapat kamu lakukan. Anda bisa membunyikan nada dering, mengunci layar ponsel, bahkan melakukan factory reset (kembali ke pengaturan pabrik). Anda juga dapat mengganti nama smartphone supaya mudah diidentifikasi dengan menekan ikon pensil di sebelah nama handset.

Apabila anda memilih untuk membunyikan nada dering smartphone, anda akan diminta untuk melakukan konfirmasi operasi. Kemudian, nada dering pada smartphone yang terhubung dengan ADM otomatis akan berbunyi dengan volume maksimal selama lima menit.

Tampilan antarmuka untuk menambahkan password akan ditampilkan di layar apabila kamu memilih untuk mengunci layar smartphone anda. Pengguna juga dapat menambahkan pesan personal untuk siapa pun yang menemukan smartphone mereka. Sertakan juga nomor telepon yang dapat dihubungi agar siapa pun yang menemukan smartphone tersebut dapat langsung melaporkannya.

Pilihan terakhir yang dapat kamu lakukan pada smartphone kamu yang hilang adalah dengan menghapus seluruh data yang ada. Kamu akan diminta untuk mengonfirmasi operasi ini, dan setelah kamu menekan tombol merah, maka seluruh data yang ada di dalam memori internal akan dihapus dan gadget akan direset ke kondisi awal.

Check Also

Nikon Coolpix P900

Super Zoom 83x Nikon Coolpix P900 Bisa Melihat Bulan Dengan Jelas

Super Zoom 83x Nikon Coolpix P900 Bisa Melihat Bulan Dengan Jelas Bila sahabat Top Gadget …