Sunday , January 21 2018
Home / Tutorial / Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing Saat Install Windows

Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing Saat Install Windows

Windows merupakan sistem operasi yang paling terkenal di Indonesia. hampir semua orang perusahaan ataupun kantor memakai Windows sebagai sistem operasi utama mereka. Banyak orang yang hanya sebagai pemakai saja (user) sehingga tidak begitu mengerti permasalahan pada komputer mereka dan ada juga orang yang andal dibidang komputer sehingga dapat mengetahui seluk beluk dari komputer mereka.

Ketika jadwal dan windows mengalami problem atau rusaknya system yang disebabkan oleh virus maka langkah yang paling sempurna untuk memperbaiki komputer kita yaitu dengan meakukan install ulang sistem operasi sehingga windows kita akan kembali normal.

Untuk Instalasi sistem opeasi windows bekerjsama cukup mudah, kita hanya mengikuti langkah-langkah sesuai mekanisme saja. Akan tetapi adakala pada ketika kita melaksanakan instalasi terjadi beberapa permasalahan yang tidak biasa menyerupai Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan menyebarkan wacana bagaimana cara mengatasi jikalau pada ketika kita melaksanakan instalasi menemukan permasalahan tersebut.

Sebelum kita melaksanakan perbaikan, kita harus tahu terlebih dahulu penyebab terjadinya Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing gres kita dapat memperbaikinya


Baca Juga” Format Penulisan IP Address Pada Jaringan Komputer

Penyebab dan Cara mengatasi Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing pada ketika Install Windows

1. File Windows Rusak
Faktor utama yang menjadikan permasalah tersebut dapat terjadi lantaran file windows mengalami kerusakan sehingga sistem komputer tidak dapat membaca windows yang ada pada CD installer. Jika file Windows kita rusak kita dapat melaksanakan burning ulang Windows Installer atau dapat memakai installer memakai flash disk.

2. Kompabilitas Port USB yang ada pada laptop
Pada ketika kita melaksanakan instalasi windows memakai flash disk tentunya kita akan memakai USB untuk media transmisi data. Laptop model gres ketika ini hampr semua memakai USB 3.0 sementara flashdisk yang kita gunakan hanya support pada USB 2.0. Untuk mencoba permasalahan menyerupai ini kita dapat memindahkan flash disk yang dipakai untuk instalasi ke port yang lain.

Baca Juga” Pengertian, Fungsi dan Cara Membuat Kabel Cross Over

3. Pengaturan Pada BIOS
pengaturan pada bios dapat menjadikan terjadinya permasalahan Error a Required CD/DVD Device Driver is Missing, itu dikarenakan pengaturan prioritas pembacaan sistem. Untuk itu silahkan cek pengaturan bios dengan cara masuk kedalam sajian BIOS lalu anda Klik sajian booting pilih boot device priority seting sesuai dengan device yang akan anda gunakan untuk instalasi windows anda (dari DVD/USB flasdisk). Langkah berikutnya klik sajian advance pada BIOS ubah driver dari SATA ke AHCI atau matikan sajian SATA alihkan ke AHCI, lalu anda save dan restart laptop anda.

4. Laptop Keluaran Terbaru
Pada laptop keluaran terbaru ada beberapa yang tidak support terhadap driver-driver tertentu. Untuk itu solusi yang dapat dilakukan yaitu baca buku manual apakah laptop tersebut dapat dipakai untuk windows 7, jikalau tidak maka langkah yang harus kita lakukan yaitu dengan mencari driver sata AHCI dari laptop tersebut. Kemudian ekstrak file driver tersebut kedalam satu folder silahkan anda simpan folder tersebut dengan flasdisk yang lain. Selanjutnya lakukan proses instalasi lagi dengan memasukan flashdisk yang berisi file driver yang sudah kita ekstrak tadi kedalam port usb yang masih kosong.

Check Also

Cara Membuat Jaringan Komputer

Cara Membuat Jaringan Komputer

Cara Membuat Jaringan Komputer Pengertian Jaringan Komputer Jaringan Komputer ialah korelasi antara 2 komputer atau …