Thursday , August 17 2017
Home / Tutorial / Tips Jitu Cara Mengatasi Baterai HP Yang Kembung dan Cepat Ngedrop

Tips Jitu Cara Mengatasi Baterai HP Yang Kembung dan Cepat Ngedrop

Cara mengatasi baterai hp yang kembung
Cara mengatasi baterai hp yang kembung

Tips Jitu Cara Mengatasi Baterai HP Yang Kembung dan Cepat Ngedrop

Cara mengatasi baterai hp yang kembungBaterai hp Cepat Lowbat? Baru saja di charge penuh dan beberapa jam kemudian sudah lowbat kembali? Apa kira-kira permasalahannya? Jangan-jangan baterai anda kembung atau hamil. Berikut beberapa informasi yang akan Top Gadget sampaikan mengenai tips jitu cara mengatasi baterai hp yang kembung dan cepat ngedrop.

Baterai hp cepat Lowbat memang perkara yang wajar-wajar saja, apalagi hp anda bisa dikatakan bekerja lebih dari hp normal karena penggunaan fitur-fitur tambahan seperti halnya social media, yahoo massenger , game, internet, dan aplikasi lainnya yang ON 24 jam nonstop.

Kendati demikin, pengisian baterai hp secara full, semestinya mampu bertahan seharian penuh, standarnya minimal 12 jam pemakaian. Nah bagaimana dengan masalah hp cepat lowbat/drop dengan pemakaian cuma beberapa jam bahkan beberapa menit saja? Ada perlu menyelidiki lebih lanjut mengenai kinerja baterai kesayangan Anda. Karena kata orang baterai kembung bisa meledak loh.

 

Apa itu Baterai HP Kembung?

Baterai kembung merupakan dimana kondisi beterai hp anda tidak normal, terjadi pembesaran atau menggelembung di bagian tubuh baterai tersebut. Dan biasanya susah untuk di pasang kembali ke dalam casing hp tersebut, itu dikarenakan ukuran baterai sudah tidak normal.

Baca juga: Cara mempercepat pengecasan baterai smartphone agar cepat penuh

 

Bagaimana ciri-ciri Baterai HP kembung?

Ciri-ciri baterai hp yang melembung bisa dilihat dari fisiknya ataupun dengan cara pengetesan secara manual dengan cara memutar baterai pada permukaan yang datar. Cara membedakan baterai yang normal dengan baterai yang kembung atau rusak adalah, jika baterai anda diputar dan baterai itu bisa berputar dengan kencang bisa dipastikan Hp anda rusak/kembung, mengapa demikian? Logikanya, sebuah baterai yang tidak kembung tidak akan bisa berputar dengan kecang di sebuah permukaan yang datar. Karena apabila baterai masih normal dia akan bersifat datar dan tidak ada bagian permukaannya yang menggelembung atau membesar.

 

Apa penyebab Beterai HP Kembung?

Ada beberapa penyebab mengapa beterai hp anda hamil atau menggelembung, diantaranya adalah:

  • Penggunaan hp diluar batas kewajaran, misalkan hp digunakan untuk menelepon seharian non stop.
  • Proses Carging hp terlalu lama, walaupun indicator baterai sudah terlihat penuh.
  • Saat carging tidak meng-off kan hp terlebih dahulu, lebih-lebih hp digunakan saat sedang carging misalnya menerima panggilan masuk, sms, video call, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara memperbaiki batre hp yang melembung?

Berikut kami berikan tips sederhana bagaimana cara memperbaiki baterai hp yang sudah kembung atau hamil. Pertama-tama baterai yang kembung anda bungkus dengan plastik, pastikan plastik tidak berlubang, lalu masukkan baterai hp anda kedalam pendingin hingga 24-48 jam. Apabila sudah anda rasakan cukup, keringkan baterai di suhu normal seperti sedia kala, dan baterai siap di pasang kembali ke dalam Hp anda. Jangan menyalakan hp terlebih dahulu sebelum indikator pengisian terlihat penuh saat di charge.

Langkah selanjutnya dalam mengatasi baterai hp kembung adalah, diamkan sesaat baterai yang sudah terisi penuh, kemudian charge kembali sampai 3 kali charge. Dan batari sudah bisa digunakan kembali. Apabila belum bisa digunakan juga, ada langkah selanjutnya yang bisa anda coba yaitu dengan menghubungkan kutub positif dan negative baterai dengan menggunakan kabel. Lakukan langkah ini cuma sekali, dan charge kembali hp anda hingga dapat digunakan.

 

Penting

Saya dulu pernah mengalami masalah, yaitu baterai hp saya kembung. Saya coba gunakan tips cara memperbaiki baterai yang tidak bisa di charge karena kembung tersebut, namun hasilnya nihil. Baterai milik saya tetap saja masih kembung. Setelah saya paksa2 charge seperti diatas hp saya masih saja tidak bisa hidup alias mati. Dan langkah terbaik yang harus saya lakukan adalah saya membeli baterai baru, hehehe.

Namun tidak ada salahnya anda mencoba dulu cara mengempiskan baterai hp yang menggelembung diatas, barangkali bisa membuat baterainya kembali ramping lagi seperti sedia kala.

Check Also

Cara Root Android

Cara Root Android dan Manfaatnya

Cara Root Android dan Manfaatnya Cara Root Android dan Manfaatnya. – Melakukan root terhadap perangkat …