Monday , November 20 2017
Home / Tutorial / Cara Mengatasi Android Yang Lemot Dalam 5 Menit

Cara Mengatasi Android Yang Lemot Dalam 5 Menit

Cara Mengatasi Android Yang Lemot
Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Cara Mengatasi Android Yang Lemot Dalam 5 Menit

Cara Mengatasi Android Yang Lemot Dalam 5 Menit – Smartphone dengan platform Android memang sudah bukan barang yang antik lagi saat ini. Kalau di era 2002 dulu mungkin masih sulit bagi kita untuk mencari orang yang punya handphone. Tapi sekarang keadaan sudah terbalik, bahkan 1 orang bisa memiliki lebih dari 1 handphone. Saat kita pertama kali menggunakan smartphone kita, tentu kita akan merasa semua berjalan baik-baik saja. Ya, bisa jadi karena memang masih baru.

Setelah beberapa lama kita pakai mungkin kita pernah merasakan kinerja smartphone kita menjadi menurun drastis. Mau ini, mau itu, semua kok jadi lambat. Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa mungkin karena faktor usia gadget kita tersebut. Pendapat seperti itu sah-sah saja jika memang usia smartphone kita sudah 1-2 tahun dan dioperasikan tanpa kenal waktu. Tapi bagaimana jika umur smartphoen tersebut baru hitungan bulan saja?. Oleh karena itu, sebelum kita mengklaim faktor apa saja yang membuat Android kita menjadi lemot, ada baiknya kita analisa terlebih dahulu. Ada beberapa cara mengatasi android yang lemot yang bisa anda coba terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membawa smartphone anda ke service center yang sudah pasti “tidak gratis”.

Apakah Update Aplikasi Bisa Menyembuhkan Smartphone Yang Lemot

Mungkin sahabat Top Gadget pernah membaca di beberapa situs yang menyarankan anda untuk selalu mengupgrade OS Android anda ke versi terbaru sebagai salah satu cara mengatasi android yang lemot. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar kinerja smartphone anda semakin meningkat, dan tidak lemot. Apakah itu benar atau salah Top Gadget tidak mau membenarkan atau menyalahkannya, karena itu hak berpendapat bagi semua orang.

Tapi mari kita intip sejenak, dengan mengupgrade OS biasanya ukuran OS yang lebih baru itu memiliki ukuran yang lebih besar. Jika smartphone kita memiliki RAM yang besar mungkin hal ini tidak akan terlalu bermasalah, namun bagaimana dengan smartphone yang hanya dibekali RAM 1GB – 2GB?. Space yang akan terpakai untuk OS versi terbaru tentu akan menyita ruang bebas di RAM anda. Dari penjabaran tersebut mungkin anda bisa menyimpulkan penting tidaknya mengupgrade OS Android anda ke versi yang lebih tinggi. Jika smartphone anda memiliki RAM pas-pasan dan semua software yang anda butuhkan support dengan versi OS yang lama, mungkin lebih bijak jika anda tidak mengupgrade-nya.

Baca juga: Cara Mempercepat Performa Laptop atau Komputer Semua Windows

 

Cara Mengatasi Android Yang Lemot

Analisa

Analisa

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menganalisa terlebih dahulu. Kapan smartphone sobat mulai lemot. Apakah setelah menginstall sebuah aplikasi atau hal lainnya. Dari analisa inilah kita bisa lebih cepat dan lebih mudah menyembuhkan gadget kesayangan kita.

Periksa Ruang Bebas Memori

Periksa Ruang Bebas Memori

Sebagian orang mungkin hobi mengoleksi banyak aplikasi di smartphone mereka. Tak jarang ada beberapa aplikasi yang kurang penting atau bahkan tidak terpakai lagi masih bersarang di smartphone anda. Hapus beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting agar memori di smartphone anda bisa bernafas lega. Bersihkan juga cache aplikasi yang ada jika dirasa terlalu membebani memori. Bayangkan jika ada kamar kost kecil yang ditiduri oleh 10 orang, tentu akan sempit dan sulit bernafas, begitu juga dengan memori anda. Usir saja penghuni (aplikasi) yang tidak terpakai agar penghuni lainnya bisa hidup dengan tenang dan lega. 😀

Smartphone Bukan Salon Pengantin, kurangi widget di homescreen

Smartphone Bukan Salon Pengantin, kurangi widget di homescreen

Tidak semua widget itu penting. Kebanyakan pengguna android memasang widget cuaca, facebook, twitter, dan lain-lain pada homescreen. Sadarkah anda bahwa widget tersebut akan bekerja terus menerus selama smartphone anda terkoneksi ke internet. Nah, karena widget-widget tersebut berjalan terus secara bersama-sama maka memori yang dipakai akan semakin besar. Kurangi widget yang anda rasa tidak terlalu penting untuk mengurangi beban kerja RAM anda.

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Tutup Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Multitasking memang sangat membantu kita saat ingin beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Nyatanya multitasking ini bisa menyita ruang memori anda. Hindari membuka aplikasi baru tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya sudah kita buka terlebih dahulu. Anda bisa memanfaatkan aplikasi peningkat RAM bawaan samrtphone atau menggunakan aplikasi Clean Master untuk sedikit melegakan RAM anda.

Perhatikan Launcher Yang Anda Gunakan

Perhatikan Launcher Yang Anda Gunakan

Apakah sahabat Top Gadget menggunakan animasi layar bergerak dan sebagainya dari kustom launcher yang anda download di Playstore?. Jika iya, silahkan anda off kan untuk mengurangi beban RAM smartphone anda. Cukup anda gunakan launcher bawaan yang ada pada smartphone anda saja.

Langkah Paling Sakti

Langkah Paling Sakti

Jika cara-cara tersebut masih belum bisa mengobati penyakit “lemot” android anda, maka silahkan back-up data-data penting pada smartphone anda. Setelah itu silahkan anda lakukan factory reset atau kembalikan ke setelan pabrik. Cara mengatasi android yang lemot yang terakhir ini akan menghapus semua data yang ada pada smartphone anda. Smartphone anda akan kembali seperti pada baru (hanya berisi aplikasi bawaan saja).

Demikian cara mengatasi android yang lemot yang bisa anda lakukan sebelum anda memutuskan untuk membawa smartphone kesayangan anda ke service center. Semua langkah diatas bisa anda lakukan secara gratis dan tanpa resiko (hanya langkah ke-6 yang beresiko kehilangan data). Semoga bermanfaat.

Check Also

Tutorial Lightroom Android

Tutorial Lightroom Android ala Urbex dan Street

Tutorial Lightroom Android ala Urbex dan Street Tutorial Lightroom Android ala Urbex dan Street. – …