Tuesday , December 12 2017
Home / Tutorial / Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root
Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root

Cara Menambah RAM Android Tanpa Root – Semakin berkembangnya dunia teknologi tentu semakin mempermudah manusia untuk melakukan berbagai hal yang sebenarnya rumit. Salah satu contohnya adalah cara menambah RAM Android tanpa root. Mungkin diawal hadirnya platform Android dulu, hal yang demikian hanya bisa dilakukan oleh sebagian orang saja. Tapi sekarang, semua itu bisa dilakukan oleh semua orang.

Menambah RAM Android pada HP yang sudah di root maupun belum di root merupakan sesuatu yang mudah. Semakin banyaknya pengembang yang turut serta menciptakan aplikasi semakin mempermudah kita. Sebuah hal yang menjadi simbiosis mutualisme. Dengan aplikasi berbayar para pengembang akan mendapatkan royalti dari setiap pembelian aplikasi. Sedangkan untuk yang versi gratis mereka akan mendapatkan “upah lelah” dari Admob (iklan) yang nilainya pun tak bisa dipandang sebelah mata.

 

Pengertian RAM

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Yaitu sebuah type penyimpanan komputer yang isinya bisa diakses dalam waktu yang tetap tanpa memperdulikan dimana letak memori tersebut. Secara gamblang bisa diartikan memory penyimpanan sementara dalam sebuah system yang bisa diakses secara random / acak. Fungsi RAM adalah untuk mempercepat proses data saat perangkat tersebut dioperasikan / dijalankan. Secara umum RAM dibedakan menjadi 2 macam, yaitu Dynamic RAM (DRAM), Sychronous Dynamic RAM (SDRAM), Static RAM (SRAM), Rambus Dynamic RAM (RDRAM), dan Extended Data Out RAM (EDO RAM).

Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah gadget, maka semakin cepat kinerja gadget tersebut. Pada platform Android, Smartphone yang memiliki RAM lebih besar akan semakin lancar dalam kegiatan multitasking maupun operasional lainnya bila dibandingkan dengan smartphone yang memiliki RAM lebih kecil. Nah, mengingat pentingnya fungsi RAM pada sebuah Android, maka tak sedikit para pemilik smartphone dengan RAM pas-pasan mencari berbagai cara untuk menambah RAM Android daripada harus membeli smartphone yang baru.

Banyak sekali tutorial yang diberikan di internet tentang cara menambah RAM android tanpa root maupun dengan root. Namun kita akan membahas cara yang menurut Top Gadget sangat simple dan efisien. Untuk melakukan itu semua. terlebih dahulu anda harus memiliki sebuah aplikasi yang bernama Greenify. Aplikasi ini bisa dijalankan pada Android yang belum di root maupun yang sudah di root.

 

Baca juga: Cara Mempercepat Performa Laptop Atau Komputer Semua Windows

 

Menambah RAM Android Dengan Greenify

Cara menambah RAM Android menggunakan aplikasi Greenify

  • Download dan jalankan aplikasi Xposed Installer
  • Download dan install aplikasi Greenify
  • Buka aplikasi Xposed Installer, ketuk bagian / tab Framework -> Install/Update -> Kemudian restart Android anda.
  • Setelah Android kembali menyala, buka tab Modules (di aplikasi XPosed) -> checklist pada Greenify -> Restart lagi Android anda.
  • Buka Greenify -> Experiental Features, kemudian ubah Working Mode menjadi Boost, checklist Keep Notifications, Block App State Abuse, dan juga Wake-up Tracker & Cutoff.
  • Hibernasi aplikasi yang tidak terpakai dg cara kembali ke home (menu awal) dan pilih tanda + kemudian pilih aplikasi apa saja yang ingin anda hibernasi.
  • Selesai.

Cara menambah RAM Android dengan cara ini bukanlah menggandakan ukuran RAM sebelumnya menjadi 2 atau 3 kali lipat. Greenify adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menghibernasi game maupun aplikasi lainnya yang tidak sedang digunakan untuk mengurangi “muatan” RAM agar kinerja RAM tersebut semakin optimal.

Check Also

Pengertian, Kelebihan dan Kelemahan Topologi Hierarchy

Pengertian Topologi Jaringan Hierarchy Topologi Jaringan Hierarchy yaitu sebuah topologi jaringan yang mempunyai susunan jaringan …