Thursday , September 21 2017
Home / Tutorial / Cara Mempercepat Performa Laptop atau Komputer Semua Windows

Cara Mempercepat Performa Laptop atau Komputer Semua Windows

Laptop atau Komputer
Laptop atau Komputer

Cara Mempercepat Performa Laptop atau Komputer Semua Windows

Laptop atau Komputer harus selalu dalam performa terbaik. – Personal computer (PC) dan juga Laptop sampai saat ini masih menjadi perangkat yang cukup banyak digunakan. Namun sayangnya performa PC yang lemot tentu saja sangat mengganggu ketika sedang digunakan. Umumnya, penyebab komputer menjadi terasa lambat ketika digunakan tidak berkaitan dengan permasalah hardware. Akan tetapi permasalahan pada sistem dan software yang justru akan menurunkan performa komputer anda. Hal ini bisa saja membuat anda menjadi stres karena lemotnya PC anda.

Oleh karena itu, anda harus mengetahui beberapa cara mempercepat performa laptop atau komputer anda dengan sistem operasi apapun. Tips yang akan Top Gadget bagikan kali ini sekaligus menjawab pertanyaan anda tentang : cara mempercepat kinerja laptop windows 10cara mempercepat kinerja laptop windows 7 ultimate, cara mempercepat kinerja laptop windows 8, cara mempercepat windows 7 ultimate 32 bit, cara mempercepat kinerja windows 7 dengan regedit, cara meningkatkan performa laptop untuk bermain game, dan cara mempercepat kinerja PC dengan CMD.

Untuk mengatasi hal-hal tersebut, ada 4 langkah yang bisa anda lakukan agar performa komputer menjadi lebih cepat. Tips ini bisa anda gunakan untuk komputer / laptop dengan windows maupun processor apapun, bahkan bagi anda yang memiliki laptop asus core i7 terbaru sekalipun.

Apa yang memperlambat performa pada komputer ?

Hal pertama dan paling utama yang membuat komputer atau laptop anda menjadi lambat adalah PROGRAM. Silahkan simak 4 ulasan Top Gadget berikut :

  1. Umpamakan komputer Anda sebagai mobil.
    Semakin banyak penumpang  yang menambah beban pada mobil akan membuat mobil semakin lambat ketika berjalan apalagi mendaki. Di dalam dunia digital, semua program Anda seperti Office, iTunes atau Adobe Reader merupakan penumpang tersebut.
  2. Driver Usang.
    Driver merupakan file yang mengkonfigurasikan komponen hardware pada komputer seperti kartu grafis. Jika driver sudah usang atau bahkan tidak terinstal, Anda mungkin akan kehilangan setengah dari kecepatan normal.
  3. Data di Harddisk berantakan.
    Data pada harddisk yang berantakan atau cluttered disk juga menjadi penyebab komputer lamban. Bisa jadi karena Harddisk anda penuh atau ada beberapa data yang tidak menempati ruangan yang saling berdekatan dalam harddisk. Permasalahan seperti ini biasa disebut dengan fragmentasi.
  4. Terlalu panas atau overheating.
    Ini merupakan permasalahan pada hardware. Jika komputer atau laptop Anda terdapat banyak debu atau terletak di tempat yang panas bahkan terkena sinar matahari secara langsung, maka potensi untuk menimbulkan overheating hingga kerusakan dapat terjadi. Untuk mencegah hal tersebut, komputer Anda sebenarnya sudah diprogram secara otomatis untuk memperlambat performa kecepatan pada saat terjadinya overheating, sehingga performa komputer anda menjadi lambat.

Cara Mengatasi Komputer atau Laptop yang lemot

Jadi, apa yang dapat Anda perbuat untuk mengatasinya?

  1. Pertama, hindari program yang membuat lambat.
    Perhatikan program yang tergolong berat sehingga membuat komputer menjadi lambat serta singkirkan program tersebut.
  2. Kedua yakni perbarui driver usang.
    Seperti yang kita bahas sebelumnya, menang driver memiliki peranan yang sangat penting dalam performa komputer.  Ada dua driver yang paling berdampak terhadap performa, yaitu kartu grafis dan chipset. Kartu grafis merupakan komponen hardware yang menghasilkan tampilan yang Anda lihat di layar komputer dan chipset berperan untuk adanya komunikasi antara memory, harddisk dan prosesor.
  3. Ketiga adalah melakukan defrag dan bersihkan komputer Anda.
    Proses seperti instalasi, uninstall, meng-copy dan memindahkan banyak data dapat membuat sususan data menjadi berantakan (cluttered).
  4. Langkah keempat yakni membersihkan komputer Anda.
    Apakah kipas pada komputer atau laptop berputar sangat kencang sehingga dapat digunakan sebagai pengering rambut? Apakah perangkat Anda sangat panas sehingga dapat digunakan untuk memasak telur? Tentunya hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memastikan apakah sirkulasi udara berjalan dengan lancar. Kemudian, apakah ada debu yang menumpuk di dalam. Buka casing dan gunakan semprotan udara untuk membersihkan debu yang dapat menutup saluran udara atau bahkan membuat kipas berhenti berputar.

Jika anda telah mengikuti 4 langkah tersebut, seharusnya anda sudah bisa merasakan bahwa komputer anda berjalan lebih cepat dari yang sebelumnya. Namun, pemeliharaan secara rutin diperlukan untuk mempertahankan performa yang stabil.

Check Also

Tutorial Lightroom Android

Tutorial Lightroom Android ala Urbex dan Street

Tutorial Lightroom Android ala Urbex dan Street Tutorial Lightroom Android ala Urbex dan Street. – …