Thursday , August 17 2017
Home / Komputer / Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Bagi Pemula

Cara Install Windows 10
Cara Install Windows 10

Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Bagi Pemula

Panduan Lengkap Cara Install Windows 10 Bagi Pemula. Windows 10 adalah OS teranyar microsoft yang dirilis pada tahun 2015, tepatnya di bulan Juni. Berbagai perubahan tentu dihadirkan sebagai senjata terbaru bagi windows 10, mulai dari penampilan yang trendy hingga berbagai fitur menarik lainnya. Bagi anda yang memiliki PC / Laptop dengan spek mumpuni, Top Gadget sarankan agar anda mengupgrade windows anda ke windows 10 agar semua program yang ada di PC / Laptop anda bisa berjalan semakin maksimal.

Melakukan install ulang tentunya sebuah hal yang sangat mudah bagi anda yang sudah terbiasa dengan aktivitas ini. Namun bagi teman-teman yang belum pernah melakukannya, tentu install ulang adalah sesuatu yang dianggap rumit atau bahkan menakutkan. Baiklah, kali ini Top Gadget akan memperikan panduan cara install windows 10 bagi pemula agar kedepannya teman-teman tidak perlu mengeluarkan biaya lagi hanya untuk sekedar menginstall ulang windows teman-teman. Lebih baik uangnya disimpan / ditabung buat beli Laptop gaming terbaru. 😀

 

Baca juga:  Alianware 17 dengan NVIDIA Tobii hadirkan pengalaman gaming yang mengesankan

 

 

Cara Install Ulang Windows 10

Cara install ulang windows 10 bagi pemula ini sebenarnya tidak memakan waktu yang lama bagi yang sudah terbiasa, namun bagi anda yang masih pemula, ada baiknya anda cari waktu yang benar-benar senggang agar bisa mengikuti panduan langkah demi langkah yang akan Top Gadget sampaikan berikut. Jika anda saat ini sedang sibuk, lebih baik anda bookmark (tekan CTRL+D) halaman ini untuk anda baca lagi jika sudah ada waktu luang.

 

Persiapan

  • Sebelum melakukan install ulang sebaiknya anda backup semuda data penting anda yang berada di “Drive C”. Jika anda memiliki hardisk external, DVD RW, ataupun media penyimpanan lainnya yang berkapasitas besar maka Top Gadget sarankan untuk mem-backup semua data penting anda ke media tersebut.
  • Periksa apakah PC / Laptop anda sebelumnya menggunakan windows versi 32bit atau yang 64bit. Hal ini untuk menjaga performance perangkat anda agar tetap stabil. Karena jika RAM anda kurang mendukung dan dipaksa bekerja pada versi 64bit maka perangkat anda akan sedikit “belepotan” dalam bekerja nantinya.
    System Type
    System Type
  •  

  • Siapkan media install ulang, bisa berupa CD Windows 10 atau bootable Flashdisk.
  • Segelas Kopi / Teh dan cemilan seadanya sebagai “Sesaji” untuk mengurangi “ketegangan”.

 

Proses Installasi

  • Masukkan CD / Flashdisk yang akan dijadikan media install ulang.
  • Matikan PC / Laptop kemudian hidupkan kembali (restart), saat perangkat mulai menyala silahkan pencet F2 untuk masuk ke setting BIOS (beberapa PC / Laptop ada yang berbeda caranya untuk masuk ke BIOS). Silahkan search google jika perangkat anda memiliki cara yang berbeda untuk masuk ke setting BIOS dengan kata kunci “cara masuk setting bios….” (isi titik-titik dengan merk dan seri PC/Laptop anda).
  • Setelah BIOS terbuka silahkan geser kekanan menggunakan tombol panah kanan pada keybord ke tab “Boot”.
     
    Setting BIOS
    Setting BIOS
  •  

  • Geser posisi drive yang akan gunakan “CD-ROM Drive” atau “USB Flashdisk” keposisi paling atas menggunakan tombol + pada keyboard anda.
  • Setelah selesai silahkan pencet tombol F10 untuk menyimpan dan keluar dari menu BIOS. Jika ada kotak dialog yang muncul silahkan pilih [YES] menggunakan tombol panah “kanan/kiri” kemudian “ENTER”.
  • PC / Laptop anda akan restart dengan sendirinya dan proses intallasi akan segera dimulai.

 

MSI GT75VR menjadi laptop gaming dengan HDR display dan sistem pendingan terbaik

 

Urutan Cara Install Windows 10

  1. Saat PC / Laptop reboot maka akan tampil tulisan “Press any key to boot from CD or DVD…_”. Saat ini anda harus menekan sembarang tombol (tombol apapun) pada keyboard anda.
    Press-any-key-to-boot-from-CD-or-DVD
    Press-any-key-to-boot-from-CD-or-DVD
  2.  

  3. Pada pilihan “Time and currency format silahkan anda pilih Bahasa yang ingin anda gunakan. Sedangkan bagian lainnya biarkan saja seperti semula. Stelah itu klik “Next”.
    Windows Setup
    Windows Setup
  4.  

  5. Pilih “Install Now”
    Install Now
    Install Now
  6.  

  7. Pada bagian ini anda tidak perlu panik, silahkan pilih “Skip” jika anda belum mempunyai product key nya.
    Serial Key
    Serial Key
  8.  

  9. Pilih “Custom Install Windows only (advanced).
    Custom Install
    Custom Install
  10.  

  11. Klik pada partisi C, kemudian klik “Format” kemudian “Next”.
    Partisi Install
    Partisi Install
  12.  

  13. Proses installasi akan berlangsung kurang lebih 20-30 menit. Saat inilah anda bisa menunggunya sambil menimati “sesaji” yang sudah anda persiapkan sebelumnya.
    Proses Install
    Proses Install
  14.  

  15. Setelah proses install selesai maka PC / Laptop anda akan restart sendiri. Pada saat loading dan logo atau merk PC / Laptop anda muncul silahkan cabut Flashdisk yang anda gunakan untuk media installasi. Jika anda menggunakan CD/DVD anda boleh membiarkannya, tapi jika muncul tulisan “press any key to boot from CD or DVD…_” maka anda “JANGAN MEMENCET TOMBOL APAPUN”. Biarkan saja sampai restart kembali dan muncul kolom rayuan dari Microsoft yang betuliskan “It’s time to enter the product key” dengan segala deskripsinya.
    Lisensi Key
    Lisensi Key
  16.  

  17. Silahkan anda pilih “do this later”, jangan pilih “Next” kecuali anda sudah memiliki serial key nya.
  18. Pilih “I Own it” pada menu Who owns this PC?
    Who own this PC
    Who own this PC
  19.  

  20. Pilih “Skip this step”
    Microsoft-Account
    Microsoft-Account
  21.  

  22. Who’s going to use this PC? = Isi dengan nama anda atau apapun sebagai identitas PC / Laptop anda. Sedangkan pada kolom “Make it secure” boleh anda isi dengan password jika anda ingin mempassword perangkat anda, atau silahkan kosongkan saja jika tidak ingin di password. Kemudian silahkan pilih “Next”.
    Info PC
    Info PC
  23.  

  24. Windows 10 akan melakukan loading sejenak, tunggu saja sambil menikmati “sajen” anda kembali.
    Loading-Windows-10
    Loading-Windows-10
  25.  

  26. Installasi selesai. Selamat anda sudah bisa menikmati berbagai fitur dari Windows 10.
    Windows-10-Build-14393
    Windows-10-Build-14393
  27.  

 

Anda akan diberi masa trial / percobaan 30 hari. Silahkan anda search Google untuk mencari cara aktivasi windows 10 gratis. Demikian cara install windows 10 yang bisa Top gadget sampaikan. Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Android

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android. – …